Bersepeda, Pake Sepatu yang Mana?

sepatu off road (foto: shimano.com)

Sepatu sepeda adalah peralatan bermain sepeda yang sering dianggap sepele. Orang kebanyakan tidak menganggap penting sepatu saat gowes. Biasanya mereka memakai sepatu apa saja, kebanyakan yang dipake adalah sepatu olahraga atau sepatu kets. Bahkan ada juga yang cukup dengan memakai sandal.

Padahal sepatu sepeda ini penting dalam mendukung aktivitas gowes. Sepatu yang dirancang untuk bersepeda ini akan membantu mengayuh pedal atau pedaling dengan sempurna. Selain itu juga berguna sebagai pelindung kaki dan grip, khususya di medan off road.

Sepatu sepeda ada dua jenis, sesuai dengan medan sepeda, yaitu sepatu road dan off road. Kedua jenis sepatu ini mudah dibedakan dari permukaan tapak atau solnya. Sepatu road cenderung rata dengan sedikit grip, sementara sepatu off road biasanya banyak grip hingga membentuk seperti gigi atau sepatu bola. Ini mengacu pada fungsi untuk menapak di dua medan yang berbeda. Sepatu road untuk menapak medan aspal yang keras, tatis, dan ada grip, sementara off road medanya cenderung beragam dari tanah sampai batu dan cenderung licin.

Kedua sepatu itu rata-rata dilengkapi dengan cleat yang bisa diikatkan dengan pedal khusus. Ini dimaksudkan untuk membantu pedaling. Dengan sepatu yang mengikat ke pedal maka gowesan akan sangat terbantu. Sebab saat satu kaki menekan pedan kaki lainnya akan menarik pedal.

sepatu road (foto:shimano.com)

Tetapi tidak semua sepatu sepeda memakai cleat atau clipless pedal. Ada juga beberapa sepatu sepeda, biasanya off road yang tidak memakai. Misalnya adalah sepatu untuk Down Hill (DH) atau sepatu untuk dirt jump dan sebagainya. Sementara bagi penggowes off road XC alias cross country rata-rata biasanya memakai cleat untuk bisa mendapat efektifitas pedaling.

Memakai cleat atau tidak, sepatu sepeda penting untuk bersepeda. Ini karena sepatu ini memang dirancang untuk bersepeda. Jadi daya tahan dan fungsi sepatu jelas dirancang untuk digunakan gowes. Lalu apakah sepatu olahraga lain atau sepatu kets tak bisa dipake bersepeda? Jawabannya tentu saja bisa, namun tidak efektif dan bisa menimbulkan masalah.

Banyak pengalaman goweser, terutama di medan off road, yang akhirnya mendapat hambatan gara-gara sepatu. Kabanyakan goweser off road yang tidak memakai sepatu sepeda memakai sepatu lari yang juga memiliki grip untuk medan trail/off road. Namun karena sepatu lari tidak dirancang untuk pedaling maka rasanya tentu tidak senyaman sepatu sepeda.

Selain itu kekuatan sepatu ini di medan off road juga tak sebaik sepatu sepeda. Biasanya masalah yang dihadapi sepatu ini adalah tak tahan air dan tekanan, lalu solnya terkelupas. Selain itu grip sepatu ini juga kurang baik karena tidak dirancang untuk bersepeda off road. Selain itu grip sepatu yang tidak dirancang bersepeda di medan off road biasanya licin dan membuat goweser terpeleset di trek.

Lalu bagaimana dengan sepatu kets yang dipake untuk bersepeda road? Jawabannya sama bisa saja. Yang ini malah tidak akan mendapat masalah kerusakan sepatu sebagaimana sepatu kets dipake off road. Paling jika gowes road tidak memakai sepatu khusus sepeda, hanya tidak akan mendapatkan efektivitas pedaling saja. Plus tidak akan mendapatkan kenyamanan gowes dengan sepatu sepeda yang geometrinya memang dirancang untuk menggenjot pedal.

pedal cleat off road (foto: shimano.com)

Semua hal tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Setelah kelebihan sepatu sepeda, sekarang mari kita tengok kekurangan sepatu ini. Secara umum kekurangan sepatu ini yang sering dikeluhkan adalah harganya yang mahal. Memang harga sepatu sepeda rata-rata di atas harga sepatu kets bermerek sekalipun. Ini yang kemudian menjadikan goweser memilih memakai sepatu kets.

Untuk sepatu road memang agak susah. Solusinya tetap memakai sepatu olahraga atau kets. Namun untuk medan off road, bisa diganti dengan sepatu gunung yang memiliki grip bagus namun tak menyulitkan gowes. Banyak sepatu gunung yang mirip dengan sepatu sepeda off road dengan harga lebih miring. Namun tentu saja tidak ada cleat di sepatu ini.

Kendala berikutnya adalah masalah ukuran. Sepatu sepeda yang akan dipake rata-rata harus dilebihkan satu nomor dari ukuran sepatu kita sehari-hari. Ini akhirnya membuat ukuran sepatu bertambah, dan bagi yang kakinya di atas rata-rata, akan sulit mencari nomornya. Kalau pun ada biasanya harganya sangat mahal.

Kelemahan sepatu sepeda lainnya adalah sistem cleat atau clipless pedal yang menuntut skil untuk menggunakannya. Sebab jika belum mahir memakai cleat, dipastikan akan terjatuh karena kaki yang seharusnya menapak masih melekat di pedal. Tetapi ini bisa diatasi dengan latihan. Di setiap kemasan sepatu atau pedal cleat biasanya juga ada peringatan untuk latihan dulu sebelum mengaplikasikannya di trek.

Nah, sekarang anda mau memakai sepatu sepeda yang mana? Sepatu sepeda untuk off road atau om road, memakai cleat atau tidak. Atau anda tetap memakai sepatu olah raga biasa atau kets dengan segala resiko dan konsekuensinya. Pilihan ada di tangan anda.


2 Comments

susanto on January 7, 2011 at 9:33 am.

Banyak juga ya pilihan sepatu buat sepedaan…. jadi binun… hehehehe…

Salam kenal Om…

Reply

Mas Dian on January 7, 2011 at 9:37 am.

salam kenal juga om..
memang banyak om.. tapi tipenya cuma dua off road dan road.. gak usah bingung om..pakai saja yang all terain (segala medan) kayak tahoe alias sepatu cap tahu ini hehe

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *


4 − three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>