Bunga Korea Utara

foto: imgrum.org

foto: imgrum.org

Ada yang tahu nama bunga ini?

Ini adalah bunga Kimilsungia yang sangat populer di Korea Utara (Korut). Bunga ini dinamai sesuai nama pendiri negara itu Kim Il Sung, embahnya Kim Jong Un.

Meski sangat terkenal dan banyak dibudidayakan di sana, layaknya bunga Tulip dan negeri Belanda, tapi siapa sangka bunga tersebut ternyata bukan dari sana. Jadi kalau anda suka bunga itu tak perlu jauh-jauh ke sana, anda cukup cari di Indonesia saja.

Iya, bunga itu asalnya dari Indonesia. Bogor, tepatnya. Loh kok bisa? Bagaimana ceritanya?

Cerita bermula saat Kim Il Sung berkunjung ke Indonesia tahun 1965. Selain untuk bertemu dengan sohibnya, Presiden Sukarno, kunjungan ini juga dalam rangka peringatan Konferensi Asia Afrika. Lalu diajaklah Kim Il Sung jalan-jalan santai di Istana dan Kebun Raya Bogor oleh Bung Karno. Saat itulah Kim kepincut sama bunga anggrek berwarna merah jambu hasil silangan.

Tahu tamunya naksir si bunga, Bung Karno pun menghadiahkan bunga itu dan meminta tamunya membawa pulang ke negerinya. Maka pemimpin agung Korut ini kemudian membawa oleh-oleh dari Bogor itu ke Pyongyang dan membudidayakannya di sana.

Rakyat Korut yang manut-manut sama pemimpinnya pun mengikutinya. Maka bunga itu pun semakin tersebar dan terkenal di negara tertutup itu.

Lalu untuk mengenang jasa sang pemimpin agung, dinamailah bunga itu dengan nama Kim Il Sung, dan jadilah bunga: Kimilsungia.

Versi lain, nama Kimilsungia diberikan Bung Karno. Bunga itu dijadikan lambang persahabatan dua negara. Ini kemudian dikenal sebagai diplomasi bunga ala Bung Karno.

Maka kalau akhir-akhir ini ada himbauan untuk meniru Korut dari kader partainya anaknya Bung Karno, mungkin yang dimaksud meniru budidaya anggrek kali ya?

Loh, bukannya mereka meniru dari kita ya??
Mboh, gak paham saya sama isu-isu belakangan ini..

Bagi anda yang telah rela membuang waktu berharga membaca tulisan hamba, ini bonus video saat Kim kepincut dan menerima anggrek Bogor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *