Hastag Hari

Menyambut hari dengan ngetwit sudah menjadi rutinitas yang biasa. Seperti halnya burung, pengguna twitter atau twips juga suka mengoceh pagi-pagi untuk menyambut hari. Ada yang sekedar ngetwit; selamat pagi, sarapan apa, sampai persiapan berangkat kerja.

Selain twit menyambut hari yang sekenanya itu, ada juga twit menyambut hari yang rada serius. Banyak twips yang ngetwit dengan tema sesuai harinya dan diberi hastag atau tagar (#) sesuai tema dan nama hari. Temanya macam-macam, dari sekedar rekomendasi sampai tema khusus seperti kiat-kiat atau tips tertentu.

Hastag tema khusus yang dikaitkan dengan hari tertentu yang paling poluper adalah #FF alias Follow Friday. Hastag yang muncul tiap hari Jumat ini bertema rekomendasi untuk memfollow akun twitter tertentu. Misalnya seseorang menilai akun tertentu bagus dan layak di follow orang lain, maka dia ngetwit untuk memfollow akun itu dengan mencantumkan hastag #FF.

Di hari Jumat ini juga banyak orang yang yang mencari akun menarik untuk difollow. Karena itu mereka juga memperhatikan hastag #FF untuk mendapat rekomendasi siapa yang akan difollow. Contoh twit #FF sebagai berikut:

@cah_ndableg: #FF @dukunsketsa: dokter yg ternyata suka iseng skets-skets. sekarang lagi demen skets pake iPad..

Lalu apakah hanya di hari Jumat saja kita bisa follow orang dan merekomendasikan untuk memfollow orang? Tentu saja tidak. Kita bebas memfollow siapapun, baik direkomendasikan di #FF atau tidak, dan kita bisa memfollow orang kapanpun kita mau, tak harus menunggu hari Jumat.

#FF itu hanya kebiasaan saja. Bagi yang tidak setuju dan memilih hari lain, tentu saja tidak ada masalah. Namun lazimnya memang acara follow memfollow ini terjadi di hari Jumat dengan hastag #FF. Ada juga plesetannya dengan hastag #UF alias Unfollow Friday.

Selain #FF, hastag hari yang lain juga banyak dengan teman yang bermacam-macam juga. Misalnya di hari Selasa ada hastag #SelasaBahasa. Ini adalah hastag hari bertema pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan hastag ini twips mengoreksi pemakaian Bahasa Indonesia yang kurang tepat dan menunjukkan yang benar. Misalnya bukan “Silahkan” tapi “Silakan”. Seperti berikut ini:

@sigit_kurniawan: bukan “silahkan”, tapi “silakan” #SelasaBahasa

@sigit_kurniawan: #SelasaBahasa. Bukan “antrian” tapi “antrean” ==> “@lewatmana: antrian transjakarta di terminal ragunan. Jam 07.15 wibmypict.me/mgvxo

Hastag ini cukup membantu kita untuk belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan mengikuti hastag ini, kita jadi tahu banyak salah tulis atau bahasa Indonesia tulis yang tidak sesuai dengan kaidah baku. Nah, hastag ini mencoba meluruskan yang tidak baku tersebut.

Bagi anda yang ingin belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar, silahkan mengikuti hastag hari ini. Setiap Selasa, banyak twips yang dengan sukarela ngetwit soal ini di #SelasaBahasa.

Hastag hari lainnya yang cukup menarik adalah #WiRABUsaha. Ini adalah hastag hari yang berisi twit atau tips tentang wirausaha. Para pengusaha atau wirausahawan yang main twitter banyak yang memakai hastag ini untuk ngetwit tips-tips terkait wirausaha. Inilah contohnya:

@fahiraidris: Jgn lupa tawarkan insentif pd saat lakukan Up Selling, Cross Selling, & Re Selling :) Bonus is always a sweet thing U can offer #wiRABUsaha

@kemalarsjad: Memilih “leader” utk memimpin day2day Operation #wiRabUsaha sgt ptng, krn Perlu SATU orang yg me lead jalannya Perusahaan.

@nukman: November bulan yg menggemaskan buat pengusaha krn harus mempersiapkan business plan tahun depan #wiRABUsaha

Hastag ini berguna bagi anda yang belajar berwirausaha atau anda tertarik dengan tema wirausaha. Beberapa twips yang merupakan pengusaha sukses suka rela membagi ilmunya di sini. Jika anda tertarik untuk membaca tips-tips menarik mereka, tiap Rabu jangan lupa membaca kumpulannya di hastag #wiRABUsaha.

Itu tadi adalah contoh-tontoh hastag hari. Saya hanya mengambil beberapa yang cukup terkenal saja. Mungkin masih banyak lagi hastag hari yang dibuat untuk menadai tema tertentu seperti itu.

Bagi anda yang tertarik bergabung ngetwit dengan tema yang sama, mudah saja bergabung hanya dengan mencantumkan hastag tersebut di twit anda. Tidak ada persyaratan khusus dan tidak ada yang melarang.

Hastag hari ini bagaikan ruang publik yang siapa saja boleh masuk. Baik hanya sekedar membaca sampai ikut menymbang twit berguna sesuai teman. Namun demikian, meski bebas, seyogyanya jika anda masuk atau ikut memakai hastag itu, hendaknya sesuai dengan tema hastag itu.

Atau mungkin anda malah ingin membuat hastag baru dengan hari dan tema yang berbeda, juga bagus, dan gak ada yang melarang. Namun tidak ada jaminan bakal seramai hastag yang populer itu. Ini juga mungkin yang membuat orang lebih suka bergabung dengan hastag hari yang sudah populer.

Jadi, sudah ngetwit di hastag hari yang mana anda hari ini?

 

 

 

 

 

 

2 comments
  1. itu hashtag-hashtag bagus dan bermanfaat. di Twitter, terlalu banyak jebakan batman, berupa pagar horor juga. kita mesti pandai-pandai memilih dan memilah, dengan cara menyimak secara saksama…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *