HUT Israel, Yahudi dan Rasa Empati

Pagi ini, seperti pagi-pagi biasanya, saya menyalakan tv dan membaca berita dari internet di blackberry saya, sambil menunggu sarapan. Saat melihat tvOne saya langsung tertarik dengan diskusi di acara Apa Kabar Indonesia Pagi yang membahas soal rencana perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Israel yang akan digelar di Indonesia.

Diskusi itu semakin menarik perhatian saya karena salah satu narasumbernya adalah orang yang merencanakan HUT Israel itu sendiri. Namanya Benyamin Ketang dari  Indonesia-Israel Public Affair Committee (IIPAC). Si Benyamin ini bahkan memakai jaket bergambar bendera Israel, dan selama diskusi sangat percaya diri dan berapi-api membela Israel.

Lalu saya yang kurang mengikuti berita, khususnya HUT Israel ini, mencari-cari beritanya. Akhirnya setelah membuka VIVAnews.com saya jadi tahu bahwa rencananya besok (Sabtu 14 Mei 2011) sejumlah orang yang mengaku dari komunitas Yahudi Indonesia akan merayakan HUT Israel.

Penggagas dan pengorganisasi acara itu adalah seorang konsultan perminyakan di Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM), Unggun Dahana dan beberapa temannya. Rencananya besok acara itu akan diadakan di sebuah tempat di Jakarta Selatan. Unggun didukung oleh (IIPAC) Benyamin yang bermarkas di Jamber ,Jawa Timur. IIPAC, ini kata Benyamin, adalah organisasi Yahudi yang dibentuk sesuai dengan protokol Indonesia Israel. Lembaga ini didirikan pada 21 Januari 2002. Organisasi ini disebutnya merupakan representasi kerja sama antara Indonesia dengan Israel.

Rencana acara HUT Israel itu tentu saja ramai menjadi berita akhir-akhir ini. Organisasi massa dan partai Islam ramai-ramai menentangnya. Bahkan Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) juga tak membolehkan. Topik itu juga menjadi ramai di jejaring sosial atau media sosial seperti twitter. Banyak yang menolak, tapi ada pula yang mendukung. Bagi yang mendukung alasannya adalah kebebasan, bagi yang menolak alasannya adalah penjajahan yang dilakukan Israel.

Terus terang secara pribadi saya termasuk orang yang menolak bahkan menentang acara HUT Israel di Indonesia ini. Apalagi jika dilakukan di tempat umum dan memancing perhatian. Alasan saya sederhana: bagi saya Israel bukan negara yang merdeka dari penjajahan, namun sebuah negara yang berdiri sebagai penjajah yang mengusir rakyat Palestina dari tanah airnya.

Jika Benyamin mengatakan peringatan HUT Israel ini untuk memperingati kemerdekaan Israel setelah perang enam hari dengan Arab pada 14 Mei 1948, ini jelas salah kaprah. Sejarah mencatat, perang itu adalah perang untuk membebaskan Palestina dari jajahan Israel. Namun karena negara Arab saat itu tidak kompak dan punya kepentingan sendiri-sendiri maka perang itu dimenangkan Israel.

Sejarah juga mencatat dan fakta sampai hari ini menunjukkan Israel masih menjajah tanah Palestina. Media baik Timur maupun Barat selalu dihiasi cerita pilu derita rakyat Pelestina atas penjajahan dan kekejaman Israel. Maka tidak salah jika Israel sampai hari ini lebih banyak dicap sebagai penjajah daripada sebagai negara yang mendapatkan kemerdekaannya tahun 1948.

Penjajahan Israel ini bahkan telah memicu radikalisme di kalangan umat Islam. Banyak teroris yang muncul dengan alasan ingin membalas kekejaman Israel. Dunia Islam seluruhnya membenci Israel, tak terkecuali Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Setiap ada agresi Israel ke Palestina saja reaksi Bangsa Indonesia begitu keras, apalagi ini mau ada yang merayakan HUT Israel.

Rencana HUT Israel di sini jelas sama saja dengan pepatah Jawa; “Ulo marani pentung” atau ular mencari pemukul alias nyari perkara. Acara ini sebaiknya tidak dilakukan karena sangat rawan benturan sosial bahkan kekerasan. Rupanya Benyamin dan kawan-kawan menyadari hal ini dan mengatakan seharusnya Bangsa Indonesia lebih toleran dan meninggalkan cara-cara kekerasan.

Statemen Benyamin di tvOne itu sungguh sangat lucu. Selama ini yang terkenal suka kekerasan atau mbahnya kekerasan adalah Israel. Saya kadang sampai berfikir, ini Israel apa tidak memiliki agen yang lebih cerdas. Kok terkesan ahistoris dan tidak cerdas bahkan emosional si Benyamin itu. Di acara itu berkali-kali terlihat emosional. Melihat kekejaman Israel gampang, tak usah jauh-jauh dan repot-repot pergi ke sana. Cari saja di Google di bagian gambar dengan kata kunci “kekejaman Israel” maka akan muncul banyak gambar memilukan. Jika setelah melihat gambar-gambar itu anda masih bilang Israel tidak kejam, saya bisa pastikan anda sakit jiwa.

Benyamin juga membawa-bawa nama Yahudi. Untuk soal ini saya jelas tidak setuju. Israel adalah produk Zionis, Yahudi garis keras. Tidak semua Yahudi itu setuju negara Israel yang merampas tanah Palestina. Saat masih mahasiswa di Yogyakarta dulu saya pernah beberapa kali “menyelinap” kuliah di program pasca sarjana perbandingan agama UGM. Dari sana saya tahu bahwa di Indonesia memang ada komunitas Yahudi yang eksis secara sembunyi-sembunyi.

Dari perbincangan saya dengan mereka, kebanyak mereka memakai agama Islam atau Kristen di KTPnya. Sinagognya pun juga disamarkan. Mereka banyak tinggal di Surabaya. Dari perbincangan yang saya ikuti banyak dari mereka yang tidak setuju dengan Israel dan sepak terjangnya. Mereka meminta dibedakan antara Yahudi dan Zionis atau Israel.

Jadi klaim Benyamin bahwa seluruh Yahudi termasuk komunitas Yahudi di Indonesia mendukung Israel itu klaim semata. Mirip klaim teroris atau kaum Islam garis keras yang menyatakan tindakannya membom orang tak bersalah adalah tindakan untuk Islam dan didukung kaum muslim. Dari sini, terlihat lucu sekali komentar di twitter yang menuduh orang yang tidak setuju perayaan HUT Israel adalah karena masalah agama.

Sebenarnya bagi saya pribadi, Si Benyamin dan kawan-kawannya silahkan saja mendukung Israel. Itu hak mereka. Silahkan saja mau merayakan HUTnya, asal di tempat tertutup atau tidak di muka umum. Kenapa? Karena ini Indonesia yang konstitusinya menyatakan tidak setuju dengan penjajahan. Ini Indonesia yang mayoritas warganya adalah umat muslim yang saudara-saudaranya di Palestina masih dijajah dan terusir dari tanah-tanahnya, yang kehilangan harta, keluarga bahkan nyawanya.

Benyamin dan kawan-kawan harusnya berempati pada mayoritas rakyat Indonesia. Mungkin karena banyak belajar pada Israel, Benny dan kawan-kawan lupa pepatah “Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung”. Jika kita balik, bagaimana jika ada sekumpulan orang Israel yang akan merayakan HUT musuh Israel, hari revolusi Iran misalnya? Pasti juga tidak boleh atau ditentang.

Saya tahu, merayakan HUT Israel adalah hak asasi Benyamin dan kawan-kawan. Itu adalah kebebasan yang harus dihargai. Iya benar, tapi jangan lupa kebebasan itu ada dua; kebebasan eksistensial dan kebebasan sosial. Mereyakan HUT Israel bagi Benyamin dan kawan-kawan adalah kebebasan eksistensial, namun dia dibatasi oleh kebebasan eksistensial orang lain, yang tidak ingin itu dilakukan, yang terakumulasi menjadi kebebasan sosial.

Kekebasan eksistensial kita memutar radio keras-keras dibatasi oleh kebebasan sosial tetangga sekitar yang ingin tidur nyenyak tanpa berisik radio kita. Maka jangan salahkan orang yang marah jika melihat anda tidak berempati dan lebih terlihat memprovokasi.

Jadi saya himbau Benyamin dan kawan-kawan berempatilah pada Bangsa Indonesia. Jangan nyari gara-gara. Jangan memancing di air yang keruh.Bangsa ini sudah ramai dengan konflik dan perpecahan, janganlah disulut dan ditambah-tambahi. Berempatilah pada kami yang tak suka melihat anak bangsa sendiri saling baku hantam dan berbenturan.

Sebaiknya anda dan kawan-kawan merayakan tidak secara terbuka. Silahkan rayakan dengan teman-teman anda sendiri tanpa orang lain tahu, tanpa harus mengibar-ngibarkan bendera, yang katanya didatangkan langsung dari Israel itu, di muka umum. Berempatilah pada kami, atau anda semua memang sengaja cari gara-gara.

52 comments
  1. Maaf mas Dian. Bicara HUT Israel berarti bicara negara. Kita negara Indonesia menganut politik luar negeri yang bebas aktif. Mas Dian mengatakan Israel adalah penjajah negara Palestina. Bukan Indonesia kan? Jadi tidak masalah. Tapi kalu mas Dian menyangkutpautkan Israel dengan agama, berarti sudah di luar konteks. Apa hubungan antara Indonesia dengan Palestina? Karena emosi agama semata kan? So, kalo bicara antar negara, sah-sah saya merayakan HUT Israel di Indonesia terutama bagi para fans Israel. Salam Damai ya Mas Dian…

    • @tomsetz tau arti bebas aktif? salah satu artinya aktif dalam menjaga perdamaian dunia.. mendukung Israel berarti melagalkan pejajahan dan biang ketidakdamaian dunia..
      konstitusi kita juga menegaskan bahwa penjajahan di muka bumi harus dihapuskan.. israel itu menjajah bung.. ini fakta..
      secara negara jelas..indonesia tidak setuju dg israel dan tidak ada hubungan diplomatik. sy bicara kemanusiaan bukan bicara agama..justru benyamin yg menarik ke soal agama saat mengklaim aksinya itu aksi yahudi.. saya tak percaya israel itu sama dengan yahudi..
      soal emosi..jelas saya emosi ada penjajahan israel..sama emosinya saat arab saudi menindas TKI kita..
      coba baca lagi, saya tidak melarang cuma mengingatkan agar mereka berempati..coba anda pahami point saya soal empati dan kebebasan sosial.. semoga paham.. salam damai..

  2. Setuju dengan Mas Dian , bener banget kok …mesti di bedakan Israel dengan bangsa Yahudi, dan agama (apapun itu ) ini masalah politik yang jelas2 bertolak belakang dengan Indonesia ..lah ngapain juga mau memperingati HUT Israel ? apa gak mikir kepentingan yang lebih besar ? gimana nanti kalau perayaan itu malah memicu masalah baru …kan runyam juga ujung2nya …mudah2an polisi cukup bijaksana dengan mengeluarkan larangan memperingati HUT Israel..nyari sensasi aja tuh di Benyamin…

  3. MONYET MONYET YAHUDI DI INDONESIA MULAI TERANG TERANGAN DENGAN SEGALA TINDAK TANDUKNYA, DENGAN DALIH PERDAMAIAN TAPI MEMANCING KEDAMAIAN, CARI SENSASI OTAK IDIOT, UNTUK BANG DIAN SY SEPENDAPAT….UNTUK si unggun dan si benjamin imigrasi aja ke israel dan gabung sama zionis selesai urusan

  4. apa maksudnya benyamin dkk merayakan kemerdekaan israel secara terbuka di indonesia??(silahkan anda ke negara israel zionis kalau mau merayakan HUT israel,,jgn di indonesia)
    mau menjalin hubungan diplomatik dengan indonesia??
    sdh jelas kan indonesia TIDAK PERNAH DAN TIDAK AKAN PERNAH berhubungan diplomatik dengan israel..apapun alasannya,,masyarakat tidak akan setuju hut israel di indonesia secara terbuka..ini jelas tindakan untuk memancing anarkis di indonesia

  5. Memang benar…., tidak semua Yahudi (Judaisme) identik dengan Zionist…. dan Israel itu… suatu nama yang mulia. Mohon agar dipisahkan antara Yahudi sebagai agama dan Zionist sebagai suatu gerakan politik. Tidak semua Yahudi adalah Zionist. Memang benar…. para Zionist yang ada di Indonesia mulai nongol. Tidak ada bahasa atau kata yang tepat untu mereka kecuali….
    Ayo sembelehh saja mereka itu…!!!

  6. kalo di aceh berani dia buat gito bisa di bacok orang sekampung booosss ….
    orang yahudi dasar ketturunan anak ajing …

  7. Bakar aja tu rumah yg mau buat to acara ….
    ato usir aja dia dasar anak haram jadah to orang …
    mamak nya di kentot sama yahudi kadang ….hehehee

  8. Lo pada supaya thu ya…..SIAPA YANG MEMBERKATI ISRAEL AKAN DIBERKATI …..DAN SIAPA YANG MENGUTUK ISRAEL AKAN DIKUTUK , knpa indonesia raya sering kena bencana krna mrk plg doyan mengutuki ISRAEL…….

    SHALLOM………..KOMUNITAS ISRAEL PAPUA……..

    • saudaraku Jeremia.. saya menghormati IsraEl alias nabi Yakub.. Isra El artinya hamba Tuhan.. sama dengan Abdullah.. kalau Israel sebagai negara zionis penjajah di tanah palestina sana saya mengutuk.. justru akan jadi bencana kalau kita tidak mengutuk negara Israel yg membunuhi rakyat..

      saudaraku Jeremia apakah anda membaca kitab Taurat..kitab bangsa Yahudi di sana pasti tertulis “membunuh satu manusia sama dengan membunuh seluruh umat manusia. menyelamatkan satu manusia sama dengan menyelamatkan seluruh umat manusia” ayat yang sama ada di Al Quran kitab suci umat Islam di surat Al Maidah..
      ini jelas perintah Tuhan.. lalu mengapa Zionis melanggarnya.. di 10 perintah Tuhan juga dilarang membunuh kan?.. semoga Allah memberkati anda..

  9. @ Mas Dian : sy tdk bermaksud tuk menyinggung perasaan sodara2 kita di Indo yg Anti dg Israel skrg yg di Tim Teng sana yg telah menjd suatu Negara , sy jg ga setuju dg aksi mrk yg tembak sodara2 kt di Palestine sana…..tp itu bkn urusan sy tuk mengutuki mrk pla : cma kami mau merayakan Kemenangan Raja Daud……….Salomo ……..dll….
    sy ga mau mengutuki mrk
    sy ga mau ganggu mrk
    sy memberkati mrk
    sy mengasihi mrk
    sy mengampuni mrk
    sy berusaha respect kpd tiap org
    sy menghargai tiap org
    hanya itu sj yg bsa sy lakukan…….kepada siapa saja walaupun musuh sy sekalipun

  10. saudaraku Jeremia.. yang akan diperingati di HUT Israel oleh Benyamin dan kawan2nya adalah berdirinya negara Israel setelah perang 6 hari pada 1948 jadi bukan Kemenangan Raja Daud (Nabi Daud) salomo (Nabi Sulaiman) dll..

    jadi yg mau dirayakan negara Israel yg menjajah dan membunuhi saudara2nya yg juga beriman pada tuhan dan nabi-nabi yang sama..

    Nabi/Raja Daud, Sulaiman, tidak pernah menjajah apalagi membuhun secara semena-mena.. Bahkan Nabi Musa (moses) yg diagungkan bangsa Yahudi dan nabi yang namanya paling banyak disebut dalam Al Quran.. mengajarkan kita semua melawan penindasan dan kesewenang-wenangan..

    jika rasa kemanusiaan kita masih ada pasti akan berempati.. apapun agama dan keyakinan kita

  11. engga ada HUT di Indonesia selain HUT RI, yang namanya RMS, papua merdeka atau aceh, juga engga boleh merayakan atau menyatakan kemerdekaan di wilayah RI, apalagi israel mau merayakan kemerdekaan di wilayah RI, lama-lama Indenesia seperti kayak Palestina oleh israel.
    jadi bagaimana pendapat saudara2?

  12. Mas dian gak usah pake bendera mereka juga kaleeeee….. jadi pengen bakar nih laptop liat bendera zionist….heheheheh haram jadah…

    • @andri jangan dibakar itu ada lambang Bintang Daud (david star) itu lambang suci Nabi Daud.. jangan salahkan lambang,,salahkan orang/negara yang menyalahgunakan lambang itu

  13. lebih baik yang merayakan Israel diberi kemudahan migrasi kesana, agar bisa lebih leluasa, toh mereka sudah gak enak jadi WNI

  14. kalo gitu ayo kita bakar aja orang2 yang ngerayain di indonesia…drpd jauh2 ke israel nih ada yang deket2 hahaahahahahhahaah

  15. sbnernya qta2 punya alsn yg mndasar ktika brbicara ttg konflik israel – plestine.
    kita boleh beralibi bhwa ini bkan alsn agamlh, krna kkrsan, atau apalh.
    tp fkatanya, yg jd basicnya adlh jstru alasn agama..
    israel mrebut tnah plestine krna israel mrasa tnah plestine adlh tnah yg djnjikn bgi mreka sprti yg trtulis d kitab suci mreka.
    .
    dr hal tsb sja udah tw kn klo ni sarat akan SARA.
    kita yg terlibat hnya bsa mndoakn yg trbaik bgi kita semua.
    jgn smpai knflik dsna, mnjadi mluas smpe k negeri kita yg trcnta ini.
    keep calm, and smile :)

  16. israel fuck u…
    yg harus’a di sebut terroris itu kalian.
    sungguh sangat goblog org indonesia yg mndukung israel…
    klo saya jd presiden udh saya surh orang buat menculik mereka dan sangat pantas untuk di mutilasi dasar zionis terkutuk

  17. Wajar aja si benjamin mndukung Israel dan gk peduli dgn mukkadimah UUD 45, krn ajaran yg diikutinya seperti ini…”Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.” (Matius 10:34)

  18. udh mas dian percuma ngomong ma jeremia orang dia tolol gtu. org” yahudi sudh jauh melenceeng dan gg bsa d kmbalikan ke asl’a yg harus qta lakukan adalah melawan semua pergerakan zionis. krna zionis sangat pntar dalm memecah belah bangsa yg kuat. bahkan mereka rela mempelajari agama islam hanya untuk mencari dmn klmahan umat muslim, seperti yang di lakukan kepada umat muslim spanyol sekitar 450 thun yg lalu, memang yahudi yg sekarang harus di basmi

  19. [1 Korintus 11:14] Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang—> pernah liat gambar yesus rambut pendek?
    [Galatia 3:13] Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”–> makanya benjamin ndukung israel krn bingung dgn agamanya sndiri

  20. mohon dibedakan antara yahudi dengan Israel?Isro’il,karena yahudi adalah orang2 kafir dari bani Isro’il,sedang isro’il adalah nabi kita yang mulia Yaqub Alaihish-sholatu wa alam.
    Ya’qub adalah Israel (Isro’il) sebagaimana dalam hadits dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada orang-orang Yahudi : “Apakah kalian mengetahui bawha Isro’il adalah Ya’qub?” Mereka menjawab : “Allohumma, ya”. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ya Alloh saksikanlah!” [Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ath-Thoyalisi dalam Musnad-nya 1/356, Ibnu Sa’ad dalam Thobaqoh Kubro 1/175 dan Ahmad dalam Munad-nya 1/273 dan 278 dengan sanad yang hasan]

  21. langkah awal konspirasi isrel yahudi laknatullah…

    pasti ada rencana tuk “menyentuh” islam Indonesia,mau mencari cara “masuk” Indonesia,,tidak mungkin tidak… hanya dg alasan tak masuk akal..

    Watak mereka sama saja dimanapun berada,beribu dalih pasti keluar dari mulut mereka.. tapi satu tujuan : Israel Raya.

  22. Jangan terkecoh tuk membedakan antara israel dan yahudi,mereka memang sengaja membungkusnya jadi satu. Agar ada pembelaan terhadap salah 1 kata tersebut.

    Pertama mereka akan “baik2 saja” tak terlihat akan ada ancaman, ketika dibiarkan mereka perlahan2 bergerak merongrong tempat yg ditumpanginya.. : beranak pinak,komunitas,berpendidikan,membuka investasi saham,dsbnya. Jadi jangan bagi Anda yg merasa menyembah nama”Dewa kebebasan “jangan terlena.. ^_^ kelak kalian akan merasakan terkaman singa yg terlihat jinak.

  23. Teman2, jujur saya sendiri merupakan keturunan yahudi di Indonesia. Agamapun saya kristen yang notabene (apalagi saya juha keturunan) memiliki ikatan emosional yang kuat dengan Israel/Yahudi. Walaupun demikian kecintaan saya kepada Indonesia tidak terlunrurkan oleh apapun juga. Nah, terus terang saya juga sedikit kaget membaca berita2 ini. Lucu, kami sendiri yang berdarah yahudi tidak memikirkan harusnya merayakan kemerdekaan tersebut. Bukan saya tidak mengakui Israel, namun saya sebagai warga negara indonesia merasa lucu, Mereka2 ini yang tidak memiliki darah keturunan malah getol untuk merayakannya. Lucu saja, seorang WNI merayakan hari kemerdekaan negara lain. Sudahlah, tidak usah membawa2 agama, berpikir rasional saja. Di Indonesia kegiatan tersebut tidak memungkinkan, jadi bagi teman2 yang mau merayakannya masih bisa, selama diadakan tertutup dan tidak dipublikasikan. Bagi kita semua, selayaknya tidak berlarut2 dalam menanggapi persoalan seperti ini. Masih ada persoalan2 lain yang harus kita kerjakan dan awasi, terutama kinerja DPR yang kacau balau. Demikian opini saya, salam damaiiii… :)

  24. saya yakin dalang teroris di indonesia adl komunitas yahudi yg’mgatasnamakan islam, neraka la bagi mu pgikut yahudi, klo mau ngerayain bangsamu, pergi ke israel sana, kalian tak pantas tinggal di indonesia, israel la ngaramu,tak tahu malu, pak kapolri, tangkap, bila mengibarkan bdera zionis, perbuatan makar

  25. Bahasan yang menarik…
    Komunitas YAHUDI akan memperingati hari Kemerdekaan ISRAEL..
    Wah hebat..benar2 hebat..Indonesia di era SBY semakin tidak Jelas…
    Begini para Cendikiawan sekalian, Menurut Saya hal ini suatu Ketololan..bagaimana tidak tolol, Mereka para WNI akan merayakan hari Kemerdekaan Bangsa Lain (ISRAEL)..Apa hubungan nya antara ISRAEL dengan Kewarganegaraan Mereka??

    Jikalau mereka akan merayakan, Dimana tempatnya?? bukan kah INDONESIA tdk mempunyai hubungan Diplomatik dng ISRAEL, bila saja Kita mempunyyai hubungan Diplomatik mungkiin bisa diterima jika mereka merayakan hal itu di Kantor Konsulat ISRAEL dan tentu saja oleh Warga Negara ISRAEL yg ada di INDOnesia, bukan WNI yang tdk punya hubungan apapun dng ISRAEL…tapi bila mereka ngotot merayakan di Lapangan atau diluar Kantor Konsulat ISRAEl berarti telah terjadi tindakan MAKAR pada Negara karena merayakan Hari kemerdekaan Negara lain di Tanah INDONESIA dan dapat memancing Konflik yang tdk perlu…

    WNI yg merayakan Hari Kemerdekaan Bangsa Lain patut dipertanyakan Kewarganegaraan Mereka.

  26. Ternyata Dajjal sudah mulai mengirimkan tentaranya ke Indonesia… Target selanjutnya tentusaja mencari dukungan agar bisa menghancurkan masjid Al Aqsa…. dan membangun kembali kuil sulaiman diatasnya….. yg sebenarntya adalah dedikasi untuk pembantu nabi Sulaiman…. Jin,Dajjal…

  27. saya setuju dengan artikel mas Dian,

    Saya pikir Beny dan teman2 hanya cari sensasi semata. kita harus lebih mementingkan kehidupan berbangsa di Indonesia ini yang mayoritas anti semistis. Mempublikasikan rencana merayakan HUT kemerdekaan Israel sama saja dengan merangsang protes yang bisa berakibat bentrokan fisik masa.

    tapi menurut saya tulisan Mas Dian juga berbau semistis. Mas Dian kurang jelas melihat perbedaan agama yahudi dan negara Israel. Ingat bahwa Israel itu negara demokratis yang juga memberikan kebebasan dan menjamin warga negaranya beribadah sesuai keyakinannya. Ada Islam, ada Kristen ada Yahudi disana dan mereka dilindungi hak2 dan kepentingannya oleh undang-undang di negara itu.

    Persoalan Israel dengan Palestina bukan persoalan Israel dengan islam tapi dengan orang Palestina. Kisah perseteruan ini jelas tertulis dalam kitab mereka (Baca Alkitab perjanjian Lama). Kebetulan mayoritas bangsa palestina adalah Islam maka isu yang mencuat adalah yahudi vs Islam. ini tidak benar.

    Kembali ke Indonesia. Sebagai anak bangsa kita harus memperhatikan kepentingan bangsa ini. jangan sok tahu Israel lalu secara sepihak membela setiap tindakannya.
    Juga harus di ingat bahwa ini negara demokratis yang menjamin setiap warganya berpendapat.

    Dalam semangat inilah sebaiknya kita meresponi isu perayaan HUT Israel.

    MERDEKAA!!!

  28. SEBENARNYA ISRAEL GAK BOLEH MERAYAKAN INI KAN KARENA HUBUNGAN EMOSIONAL MASALAH PALESTINA, DIMANA ISRAEL DIKATAKAN PENJAJAH. MBOK DILIHAT LAGI, SINGKATNYA, SEJARAH TANAH PALESTINA ITU DULU TANAH ISRAEL, KARENA TERJADI GEJOLAK PEPERANGAN AKHIRNYA PADA NINGGALIN , DAN AKHIRNYA SEKARANG DIA KEMBALILAGI KE TANAHNYA SENDIRI (PALESTINA) MANGKANYA DISEBUT ZIONIS. DAN, TANAH PELESTINA DIMAKSUD ITU KAN TANAH KANAAN, SESUAI DENGAN JANJI TUHAN KEPADA BANGSA YAHUDI, YANG MEMANG DI TUNJUK TUHAN SEBAGAI BANGSA ” TERPILIH” DAN INIPUN JUGA DI AMINI OLEH ALQURAN.

    • @Ahmadimek perlu dilihat lagi sejarah secara cermat.. apakah israel diusir tanahnya oleh orang pelestina? seperti saat ini Israel merebut palestina..baca lagi..jangan satu sumber..

      okelah kita pakai logika anda.. jadi boleh dong indonesia menduduki malaysia, singapura, dll karena itu dulunya wilayah indonesia (majapahit).. jika dilakukan itu namanya pendudukan atau penjajahan..

      sejarah tidak tunggal..tidak hanya versi orang israel saja..

  29. dari komentar2 diatas sdh jelas skli org2/Gol mana mana yg suka sekali dg kekerasan tuk pertahankan Pendapat Mereka , bahkan mati sklipun mrk lakukan …..padahal mrk blm thu bahwa Pendapat itu benar / salah…… KONYOL…………

  30. Jeremia..jeremia.. ckckck..

    sebenernya sypa yg KONYOL ??? -_-”
    masih mending bagi mereka yg membela pendapat yg belum tahu benar/salahnya..

    daripada anda,membela yg JELAS-JELAS SALAH.. lebih lucu tau >.< udah ah jgn ngelawak mulu jd mules nie,

  31. @ MAs HAtake : klo merasa anda merasa benar skrng yach udah….. jalankan kebenaran itu tanpa memaksa kehendakmu dg cara2 lbh beradap ….(anda thu kan yg levelnya dibawah beradap ) ga usah teriak ini dan itu, ga usah pake ancam mengancam sprti tmn2 anda itu….krna kebenaran yg menurut anda itu blm tentu dianggap benar sm org lain (org banyak lhooo….. mas…..!!! )
    tp sy heran knp anda dan tmn2 anda diatas knp ga berteriak keras saat TKW – TKW kita di zholimi, di siksa, dilakukan tak adil, dilakukan pelecehan seksual sama saudara2 kita para saudagar Arab di TIMTENG sana…. .. mari kita nonton srimulat lg……hahahahaha…..

  32. “Sebab pada orang yg suka damai akan ada masa depan”

    jangan cari gara-gara dong… & buang jauh-jauh rasa benci yg ada di dalam hati yg baik itu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *