Membersihakan Si Penyelinap di Sepeda

Habitat sepeda gunung (MTB) adalah medan offroad. Maka wajar jika sepulang gowes sepeda penuh dengan kotoran. Mencuci sepeda adalah ritual wajib yang selalu dilakukan sehabis gowes, apalagi kalau medannya berlumpur.

Bagi yang rajin, akan mencuci sendiri sepedanya sampai bersih. Meski harus berlama-lama, dan ini kadang jadi keasyikan tersendiri. Bagi yang malas mencuci sendiri, tinggal dibawa ke tukang cuci kendaraan. Lebih cepat selesai dan biayanya juga relatif murah. Walhasil, sepeda kembali bersih dan kinclong.

Namun yakinkah anda sepeda anda benar-benar bersih? Eits nanti dulu. Banyak yang tidak tahu bahwa di sepeda banyak bagian yang memungkinkan kotoran menyelinap. Bagian ini biasanya tidak terjangkau saat pencucian sepeda, akibatnya si kotoran penyelinap ini terus masuk dan menumpuk. Bagian yang banyak menumpuk kotoran tanpa disadari adalah bagian jangkar yang ada di bagian dalam pertemuan stem dan batang fork sepeda. Bagian ini memang tertutup rapat. Ada spacer dan tutup headset yang menutup batang fork yang terhubung dengan stem. Namun ada celah bagi kotoran menyelinap masuk yaitu dari bawah. Bagian bawah batang fork ini berlubang dan tidak ada penutupnya.

Nah, di sini biasanya tanah dan air masuk. Apalagi saat mencuci sepeda biasanya dilakukan dengan membalik sepeda, yang membuat lubang ini menganga ke atas. Akibatnya kotoran yang terbawa masuk bersama air, sebagian tidak keluar dan menumpuk di jangkar dan tutup headset.

Jarang ada yang menyadari ada kotoran tertumpuk di sini. Padahal jika dibiarkan, kotoran ini menimbulkan karat di jangkar dan menumpuk tanah di sana. Karena itu bagian ini sebaiknya dibersihkan seusai mencuci sepeda. Cara membersihkannya cukup mudah hanya membuka tutup headset saja. Berikut caranya:

  1. Siapkan kunci L atau allen keys, lap dan air.
  2. Buka tutup headset dengan kunci L.
  3. Bersihkan kotoran di dalam jangkar dengan lap yang dibasahi air. Bisa juga menyemprot bagian jangkar ini dengan air dari selang.
  4. Setelah bagian jangkar bersih dari kotoran yang menumpuk, keringkan dengan lap. Jika ada karat di jangkar, bersihkan dengan pembersih karat.
  5. Pasang kembali tutup headset dengan kunci L.

Nah, mudah kan. Dengan cara mudah, waktu yang singkat, dan sedikit tenaga, anda bisa mengenyahkan si penyelinap di sepeda anda. Selamat mencoba.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *