Mencoba Fitur Multimedia Asus VivoBook S200

Setelah membahas soal tampilan fisik dan kinerja VivoBook S200, kini kita akan membahas dan mengupas fitur multimedia ultrabook tipis Asus ini. Fitur multimedia ini penting bagi pengguna laptop masa kini yang tidak hanya menjadikan laptop sebagai sarana kerja saja, tetapi juga sebagai sarana hiburan.

Biasanya kalo laptop mengejar bentuk tipis dan ringan, apalagi jika harganya relatif murah, maka akan mengorbankan kinerja, dan yang paling terlihat adalah kinerja fitur multimedianya. Sebagai contoh bisa kita lihat pada laptop netbook. Netbook memang unggul dibentuknya yang kecil, tipis, dan ringan, juga harganya yang relatif murah. Namun kinerja multimedia di laptop jenis ini relatif terbatas.

Misalnya, kameranya tidak terlalu bagus, audio atau soundnya jelek (cempreng) dan sebagainya. Hal ini yang membuat mereka yang mobile tidak memakainya dan terpaksa menenteng laptop notebook yang besar dan berat, namun fitur multimedianya memadahi dan menunjang kerja mereka. Sebenernya mereka suka netbook yang ringan dan praktis dibawa kemana-mana, namun keterbatasan di fitur multimedia tersebut yang membuat mereka tidak memakainya.

Masalah tersebut yang kemudian dijembatani oleh laptop generasi baru, yang tipis, ringan, namun berkinerja sebagus notebook, yang dikenal sebagai laptop ultrabook. Asus VivoBook S200 adalah salah satu laptop ultrabook tersebut. Selain fitur standard ultrabook, laptop ini juga punya kelebihan dari ultrabook lain, karena didukung layar sentuh dan sistem opersi windows 8.

Lalu bagaimana dengan fitur multimedia ultrabook ini? Mari kita kupas satu persatu.

Pertama saya coba camera dan fitur video. Mengaingat saat ini banyak yang memakai laptop untuk panggilan video atau video call. Saya mencoba video call di yahoo messenger dengan fasilitas wifi kantor yang kencang mapun wifi rumah yang lebih slow, dan hasilnya cukup memuaskan.

Meski tipis, ternyata laptop ini dilengkapi dengan camera yang cukup bagus dan besar (HD) resolusinya. Tersedia pilihan resolusi camera saat kita aktifkan, yaitu: 0,1 MP (4:3), 0,3 MP (4:3), dan 0,9 MP (16:9). Untuk video mode: 240p (4:3), 480p (4:3), dan 720p (16:9). Tersedia juga fitur video stabilization.

Penampakan camera, bisa anda lihat di foto saya di samping ini:

Bagi anda yang suka melakukan video call dengan skype, laptop ini semakin cocok untuk anda. Sebab sistem operasi Windows 8 sudah disediakan skype. Anda tak perlu lagi menginstal appnya, tapi tinggal login dengan akun skype anda atau bisa juga menggunakan Microsoft ID.

Enaknya laptop ini untuk dipakai video call memberikan nilai lebih. Sebab bagi yang suka bepergian atau mobile, misalnya mereka yang suka tugas di luar daerah atau luar negeri, dan sebagainya tentu sangat membutuhkan fitur ini. Baik untuk berkomunikasi dengan keluarga atau orang terkasih, maupun partner kerja. Ini membuat laptop ini semakin sesuai dengan peruntukannya yang memang didesain untuk mereka yang mobilitasnya tinggi.

Lalu bagaimana dengan suaranya? Saat dicoba baik untuk video call maupun mendengarkan musik, suaranya cukup jernih dan relatif enak meski tidak menggunakan speaker atau peralatan sound system tambahan. Ini karena ultrabook Asus ini dilengkapi dengan fitur Sonic Master. Dengan Sonic Master ini, suara yang dihasilkan VivoBook yang tipis ini tidak kalah dengan laptop yang lebih tebal.

Bagi anda yang suka musik, paduan xbox music di windows 8 dengan Sonic Master akan memanjakan anda.

Dengan fitur Sonic Master ini, kita juga jadi tidak perlu membawa perangkat audio tambahan. Ini juga merupakan keuntungan tersendiri, sebab dengan demikian kita bisa mengurangi bawaan kita saat berpergian. Tas pun akan terasa lebih ringan tanpa bawaan perangkat audio tambahan. Sekali lagi ini membuktikan bahwa laptop ini memang cocok dengan mereka yang mobile.

Satu lagi yang menarik dari laptop ini adalah: fitur Instant On. Fitur ini memungkinkan laptop menyala dengan cepat, sepersekian detik, dari kondisi sleep. Tak perlu menunggu booting yang lama, laptop anda sudah siap digunakan. Jadi kebiasaan lama menyimpan laptop dengan kondisi shute down, sekarang bisa digantikan dengan cara ala tablet, yaitu sleep dan menyala dengan cepat saat dibutuhkan.

Orang suka menggunakan tablet, karena relatif lebih cepat nyalanya dibandingkan laptop. Pengguna tablet juga tidak perlu repot-repot mematikan dan menunggu perangkat mati seperti laptop. Nah fitur seperti itu, bisa dinikmati di laptop Asus ini yang dilengkapi Instant On.

Ini sangat membantu sekali bagi mereka yang butuh kerja cepat di jalan. Misalnya mengerjakan sesuatu buru-buru di bandara, stasiun, atau tempat lainnya. Waktu sempit yang terbuang gara-gara menunggu booting tidak akan dijumpai lagi.

Dari pemaparan di atas, terlihat bahwa laptop ini bukan hanya tipis dan ringan saja, namun fitur multimedianya tak kalah dengan laptop yang tebal dan berat. Jadi jika selama ini anda terpaksa menenteng laptop yang besar, tebal, dan berat karena ingin menikmati fitur multimedia yang lebih baik juga kinerja laptop yang handal, ada baiknya anda melirik laptop ini. Ultrabook Asus VivoBook S200 ini mungkin yang selama ini anda cari.

 

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *