Mendali Perak ISBA

Saya selalu gembira saat hari Jumat. Sebab di hari ini bekerja terasa santai dan besoknya adalah hari libur. Hari Jumat ini, saya semakin gembira karena ada kabar gembira yang datang tiba-tiba.

Kabar gembira itu datang melalui email saya. Saat itu saya baru saja selesai sholat Jumat dan melihat notifikasi BlackBerry saya ada email yang masuk. Setelah saya cek, rupanya ada email dari ISBA 2011 dengan judul: ISBA 2011 –SILVER Blog – dianwidiyanarko.com.

Ini dia isi email tersebut:

“Kepada Yth.

Sdr/i Pengelola Blog/Situs dianwidiyanarko.com

Tim Internet Sehat telah memilih tiga pemenang bulanan Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2011. Setelah
Kategori SILVER dipilih dari para penerima penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award kategori BRONZE melakukan proses penilaian, bersama ini kami menyampaikan bahwa blog berikut di bawah ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan ISBA 2011 untuk kategori SILVER, periode 3 – 23 September 2011 (sesi 19-22).

Kategori SILVER dipilih dari para penerima penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award kategori BRONZE sebelumnya (mingguan). Keputusan atas blog terpilih tersebut adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan atas pemilihan blog tersebut.

“Alhamdulillah blog saya menang” kata saya dalam hati. Lalu saya segera mengklik pengumuman pemenang

di: http://ictwatch.com/internetsehat/2011/10/07/isba-2011-pemenang-blog-award-silver-periode-5

Saya sangat gembira karena blog saya memenangkan kategori silver. Ini semacam medali perak dari Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2011. Sebelum mendapat medali perak, blog saya memenangkan kategori Bronze atau medali perunggu terlebih dahulu. (tulisannya ada di sini). Selanjutnya, blog saya dan blog Silver lainnya akan memperebutkan kategori Gold dan Platinum.

ISBA 2011 sendiri, sebagaimana dijelaskan dalam situsnya, adalah sebuah penghargaan sepanjang tahun yang diberikan kepada pengelola Blog, Wiki, Forum, Portal dan berbagai jenis layanan konten lainnya, baik perseorangan ataupun berkelompok, yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam bentuk tulisan secara online. 

Masih menurut penjelasan ISBA 2011 di webnya, tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan pembaca untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Indonesia. Goal dari program ini adalah untuk men-generate tumbuhnya konten-konten lokal positif sehingga semakin banyak generasi muda Indonesia yang aktif menulis.
Medali atau penghargaan dalam ISBA dimulai dengan kategori Bronze, di mana setiap minggu akan ada dua blog atau situs yang memenangkan kategori ini. Lalu pemenang akan diikutkan ke tahapan berikutnya untuk memperebutkan medali perak atau kategori Silver. Untuk kategori ini ada tiga situs yang dipilih perbulan dari delapan pemenang Bronze sebelumnya.
Berikutnya Sembilan kategori Silver akan bertarung memenangkan penghargaan Gold atau medali emas. Ini dipilih per tiga bulan. Gold sendiri bukan kategori tertinggi, ada kategori yang paling tinggi yaitu Platinum. Tiga blog atau situs yang akan memenangkan kategori ini tiap tahun dipilih dari 12 pemenang Gold.

Dari mana blog atau situs dinilai? Berikut ini ada lima point yang dinilai juri menurut ISBA 2011:

  1. konten yang kreatif, unik dan kontekstual serta memiliki nilai tambah (bermanfaat) bagi pembacanya
  2. konten tidak sekedar copy-paste dari sumber lain (jika berupa saduran, diperbolehkan asal tetap menyebutkan sumbernya)
  3. konten dapat berupa fitur, berita, opini, ulasan, ringkasan, kajian, tips, kiat, reportase, dll.
  4. konten diharapkan berbahasa Indonesia (tetapi juga boleh berbahasa inggris), formal maupun informal, teknis maupun non-teknis, sepanjang mudah dipahami pembaca umum
  5. situs di-update secara berkala (rutin) dan harus tercantum data diri yang benar (minimal nama + e-mail valid)

Lalu sesuai dengan arahan tim Internet Sehat, saya memasang banner dan mengklaim hadiah via email dengan memberikan data diri dan alamat lengkap. Selanjutnya tinggal menunggu hadiah dan penilaian tahap berikutnya.

Mendapat kabar tersebut tentu saja saya gembira dan bersyukur, serta berdoa supaya bisa menang ke tahap selanjutnya. Namun menang atau kalah, bagi saya tak masalah. Karena niat awal saya menulis adalah untuk mengabadikan gagasan sekaligus membagi dan bertukar pikiran dengan semua orang. Kalaupun menang, itu akan menjadi semacam bonus untuk berkarya lebih banyak dan lebih baik lagi.

Akhir kata, terimakasih atas apresiasi yang diberikan pada blog ini dan tulisan saya. Semoga bisa memberikan manfaat bagi semua, dan maaf kalau banyak salah-salah kata.

 

4 comments
  1. Selamat buat om Dian, udah dapat medali trus artikelnya masuk 15 nominasi pemenang pula. Hebat! Hehe, Saya juga masuk 15 nominasi pemenang kontes blog Teman Hatta Rajasa lho. hehe
    Sukses selalu untuk kita semua. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *