Simbiosis Mutualisme VIVAnews dan Bloger

Mulai hari ini VIVAnews.com membuat fitur baru yang dinamai Vlog alias VIVAlog. Vlog ini adalah platform untuk berbagi, mempromosikan blog. Jadi para bloger, baik yang terkenal maupun belum terkenal, bahkan yang tidak terkenal, bisa mempromosikan blognya di sini. Singkatnya ini ajang promosi blog gratis yang dibuat VIVAnews.

Siapapun, bloger manapun, boleh memasang blog di Vlog. Caranya cukup mudah, tinggal klik tombol “kirim blog” di sebelah kiri. Bagi yang belum punya Id VIVAnews atau belum mendaftar bisa mendaftar dulu, bagi yang sudah bisa langsung kirim. Tulisan blog terpilih akan ditampilkan di halaman muka VIVAnews secara berurutan.

Hanya alinea pertama dari artikel blog yang akan ditampilkan di VIVAnews. Tulisan selengkapnya akan dilink back ke blog atau website si bloger, sehingga blog tersebut akan mendapatkan tambahan traffic pengunjung yang membaca dari VIVAnews.

Tiap kali mengirim blog, anda harus menyertakan foto atau gambar yang ingin ditampilkan serta URL artikel tersebut di blog atau website anda. Redaksi VIVAnews memiliki otoritas penuh untuk menyeleksi, mengedit, dan tidak menampilkan artikel atau gambar yang dikirim. Setiap artikel atau foto/gambar yang dikirim tidak boleh melanggar hak cipta pihak ketiga. Karena itu anda, sebagai si pengirim, atau bloger dianggap setuju membebaskan VIVAnews dari segala tuntutan dan implikasi hukum yang ditimbulkan oleh artikel dan/atau foto/gambar yang Anda kirimkan.

Selain itu materi blog yang dikirim tidak boleh melanggar semua syarat dan ketentuan seperti dirinci di bawah ini:

  • Semua isi berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham dan/atau transaksi lainnya.
  • Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi VIVAnews dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi dan pengembang isi dari pihak lain di situs ini, tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan.
  • VIVAnews  tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti U-Report, Komentar Pembaca, Forum, Polling, Chatting dan lainnya. Namun demikian, VIVAnews berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.
  • Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab VIVAnews.
  • Semua hasil karya yang dimuat di VIVAnews baik berupa teks, gambar dan suara serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta VIVAnews.
  • Nah setelah blog anda kirimkan diseleksi dan diupload oleh redaksi/admin VIVAnews, maka tulisan blog dan link blog anda akan muncul di halaman Vlog http://ureport.vivanews.com/blog dan juga akan dipromosikan di twitter melalui akun @VIVAnews.

    Lalu apa keuntungan memasang blog di Vlog? Keuntungannya bagi anda tentu akan membantu anda mempromosikan blog/website anda. Mempromosikan blog di VIVAnews adalah sebuah keuntungan, apalagi ini gratis. Sebab saat ini VIVAnews adalah salah satu situs yang paling banyak di kunjungi di Indonesia. Saat tulisan ini dibuat, alexa.com menempatkan VIVAnews di rangking 14 situs paling banyak dikunjungi di Indonesia.

    Selain itu, akun twitter @VIVAnews saat tulisan ini dibuat juga memiliki 141,254 follower. Nah dengan data itu semua, maka blog yang anda pasang di VIVAnews akan banyak dibaca orang dan akan berimbas pada naiknya kunjungan di blog anda. Jadi jangan kaget kalo tiba-tiba blog anda jadi ramai setelah anda pasang di Vlog.

    Saya sendiri yang sudah memasang blog di hari pertama, membuktikan hal itu. Blog saya yang biasanya sepi tiba-tiba melonjak pengunjungnya dan jadi banyak yang komentar. Biasanya saya juga memasang tulisan dan link blog saya di forum dan website komunitas. Namun dampaknya tak sebesar saat saya memasang di Vlog. Mungkin ini pengaruh dari traffic VIVAnews yang tinggi.

    Bagi VIVAnews, keuntungannya jelas juga ada. Dengan banyaknya bloger yang memasang blog di Vlog maka kunjungan ke VIVAnews juga akan meningkat. Jadi Vlog ini adalah semacam simbiosis mutualisme antara VIVAnews dan para bloger. Jika lancar, kunjungan ke VIVAnews dan blog yang dipasang di Vlog akan sama-sama bertambah.

    Ini kesempatan yang bagus bagi anda para bloger. Sebagus apapun blog anda, jika tidak banyak yang tahu akan percuma. Nah, fasilitas Vlog ini akan membantu mengenalkan blog anda. Jadi tunggu apa lagi, manfaatkanlah fasilitas ini. Selamat ngeblog.

    3 comments
      • @albab: mungkin karena terlalu banyak yg ngirim suka terlewat/tertumpuk kiriman lain/bs jadi dipilih yg bagus2 aja..krn tempat terbatas..kirim terus aja ulang2 pasti masuk..

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *