Soal Selebtwit

Salah satu istilah yang dikenal di twitter adalah selebtwit (#selebtwit) atau selebtweet. Selebtwit atau seleb twitter atau selebriti twitter biasanya digunakan untuk melabeli para twips yang populer bak selebriti di dunia twitter. Selebtwit bisa juga disebut tokoh di dunia twitter.

Entah dari mana asalnya istilah ini. Seperti halnya istilah twitter lain, dia tiba-tiba ramai di pakai dan marak menghiasi timeline. Akhirnya menjadi istilah lumrah. Bahkan selebtwit ini seolah-olah sudah menjadi istilah baku dan masuk dalam kamus besar bahasa twitter (kalau kamus itu ada).

Namun jika kita mau jeli, sebenarnya istilah selebtwit ini cukup bias. Seolah-olah orang tahu mana saja, atau siapa saja yang disebut selebtwit itu, tetapi jika ditanyakan secara teliti siapa selebtwit itu dan apa kriterianya, pasti akan kesulitan menjawab.

Menyangkut kriteria ini memang ternyata tidak mudah. Misalnya kita tanya; apa kriteria seseorang  atau twips disebut selebtwit? Apakah karena followernya banyak? Karena twitnya berkualitas? Sering di RT twitnya? Sering diperbincangkan di timeline? Karena avatarnya menarik? Karena dia seleb betulan di dunia nyata? Atau apa?

Tidak mudah menjawab bukan? Itulah sebabnya banyak orang yang kemudian menilai lebel selebtwit ini tidak penting. Mendiskusikan dan mempersoalkannya dinilai jauh tidak penting lagi. Karena itu lupakan.

Sebenarnya kesulitan mendefinisikan kriteria ini tidak hanya pada dunia twitter terkait selebtwit saja. Di dunia nyata pun definisi selebritis juga bisa kita pertanyakan jika dikaitkan dengan kriteria baku. Misalnya; siapa itu selebritis? yang pernah main film? Sinetron? Yang pernah nongol di tivi? Pernah di wawancara infotainment? Atau apa?

Nah jawabannya akhirnya sama dengan siapa selebtwit. Lebel itu datang dari kesepakatan bersama, baik sadar maupun tidak. Selebtwit biasanya adalah mereka yang ramai dibicarakan di twitter atau mereka yang istilah gaulnya “eksis” di twitter. Mereka ini biasanya followernya juga banyak, atau menjadi banyak setelahnya.

Sama dengan publik dan tivi atau infotainment yang bisa membuat orang biasa menjadi selebritis. Twips atau publik twitter dan dunia twitter juga bisa membuat orang menjadi selebtwit. Kalau penyanyi dang dut kampung tak terkenal namun karena rajin diekspos tivi dan jadi buah bibir kemudian berubah jadi selebritis di dunia nyata, seorang twips yang twitnya bikin heboh dan ramai diperbincangkan kemudian juga bisa menjadi selebtwit.

Seleb twit juga biasa dipahami sebagai tokoh atau orang terkenal di twitter. Mereka ini biasanya juga selebriti atau tokoh beneran di dunia nyata. Karena di dunia nyata sudah terkenal, entah sebagai seleb, tokoh IT, tokoh blogger, pakar keuangan, dan sebagainya, maka saat buka akun dia banyak difollow. Seleb twit yang ini, dia terkenal bukan saja akibat twitter, tapi karena memang sudah terkenal duluan.

Namun sebaliknya ada juga yang di dunia nyata dia tidak terkenal sama-sekali, tapi di twitter dia sangat terkenal. Mungkin karena twitnya bagus, kocak, atau kontroversial, yang membuat dia jadi terkenal di twitter dan dilabeli selebtwit. Akhirnya efeknyan bisa jadi dia jadi terkenal juga di dunia nyata (paling tidak di komunitas penggemar twitter), atau mungkin juga tidak (karena memakai akun anonim misalnya).

Ada pula yang lebih khusus mendefinisikan selebtwit ini adalah seleb dunia nyata yang ngetwit. Biasa seleb dalam atau luar negeri. Memang banyak sih para seleb yang ngetwit dan follower twitter terbanyak baik dalam maupun luar negeri juga dipegang para seleb ini. Bahkan banyak juga rubrik Koran, majalah, atau media lainnya yang memakai kata selebtwit dan isinya adalah profil atau kicauan para seleb yang main twitter.

Memang susah mendefinisikan secara ketat siapa selebtwit itu. Namun secara alami twips punya semacam kesepakatan bersama Si A seleb twit dan Si B bukan. Tentu kadang ini sifatnya sangat subjektif. Seperti halnya menyatakan Si Anu negarawan, dan Si itu bukan. Tentu bisa diperdebatkan. Namun kriteria umum selalu ada. Nah kriteria umum selebtwit yaitu terkenal di twitter.

Karena subjektif dan tidak ada, atau belum ada kriteria yang pasti maka label selebtwit ini ya bebas-bebas saja kita lekatkan pada siapa. Suka-suka saja. Bagi yang tidak suka dan menganggap lebel ini penting, itu juga hak mereka. Sah-sah saja. Tapi yang jelas istilah selebtwit ini ada dan eksis di twitter.

 

14 comments
  1. sepenting apakah label atau cap itu?
    biasa sajalah, tak perlu menjuluki siapa seleb atau bukan. kasihan yang dijuluki. belum tentu seseorang mau dilabeli ini-itu, meski banyak pula yang menikmati… :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *