Yang Baru dari iPad Baru

apple.com

Setelah berita rencana kemunculannya ramai dibicarakan di mana-mana,  akhirnya iPad baru muncul juga. Seperti yang banyak diprediksi sebelumnya pada  7 Maret 2012 Apple merilis iPad terbaru. Generasi komputer tablet tebaru Apple ini dikenalkan oleh CEO Apple Tim Cook di San Fransisco, Amerika Serikat, dengan gaya keynote ala Steve Jobs.

Namun prediksi sebelumnya tentang nama iPad terbaru ini rupanya salah semua. Kalau sebelumnya nama iPad baru ini diprediksi bernama iPad 3 atau iPad HD, ternyata bukan itu namanya. Apple menamai iPad ini dengan nama “New iPad”.

Tampaknya seperti biasa Apple ingin member nama yang lain dari prediksi khalayak. Lihat saja iPhone terbaru. Saat generasi pelanjut iPhone 4 ini ramai diprediksi atau dibicarakan sebagai iPhone 5, Apple menamainya iPhone 4s.

Sekilas tidak ada yang baru dari iPad baru ini. Bentuk atau dimensinya nyaris sama dengan iPad 2. Memang kedunya dikatakan memiliki dimensi atau tampilan fisik yang sama. Lalu apa yang baru dari iPad baru ini?

Jawabannya adalah resolusinya. Karena itu web Apple menyebut iPad baru ini dengan istilah “Resolutionary”. Karena memang perbedaan iPad baru yang mencolok dari pendahulunya adalah resolusi layarnya yang telah menggunakan teknologi retina display.

Dengan retina display, resolusi di layar 9,7 inci pun jadi sebesar 2048 x 1536p. Retina dislplay ini bukan hal baru di iPhone dan iPod Touch, tapi ini hal yang baru bagi tablet Apple. Dengan retina display, layar iPad baru ini jelas akan berbeda dengan pendahulunya. Dipastikan tampilan gambarnya akan jauh lebih tajam, lebih jelas, dan lebih jernih. Lihat saja IPad 2 tanpa retina display yang resolusinya hanya 1024 x 768p.

Hal baru lainnya di iPad baru adalah pada fitur kamera. Kini iPad baru dilengkapi dengan kamera iSight 5 MP. Didukung dengan autofocus dan fitur face detection. Untuk merekam video pun resolusinya dinaikkan menjadi High Definition 1080p. Ini tentu kemajuan jika dibandingkan dengan iPad 2 yang hanya HD 720p.

Prosesornya pun ada peningkatan. Jika iPad 2 memakai chip A5, maka iPad baru ini menggunakan chip A5X. Ini katanya merupakan pengembangan chip A5 yang memiliki kemampuan lebih cepat untuk mendukung kinerja tablet terbaru Apple ini. Konektivitas dengan bluetooth pun diperbaiki dengan teknologi Bluetooth 4.0, yang lebih baik dari pendahulunya yang Cuma Bluetooth 2.1.

Selain itu, jika iPad sebelumnya hanya menggunakan jaringan 3G, iPad baru sudah mendukung jaringan 4G. iPad baru ini dirancang bisa berjalan di jaringan 4G LTE, yang tentu akan memberikan koneksi jauh lebih cepat. Ini fitur bagus, namun untuk Indonesia, tampaknya belum bisa digunakan dalam waktu dekat.

Menurut informasi Apple, iPad terbaru ini akan dipasarkan mulai 16 Maret 2012 di Amerika Serikat, Jepang, Inggris Raya, Kanada, Swiss, Jerman, Perancis, Hong Kong, Singapura, dan Australia. Jadi bagi anda yang di Indonesia harus sabar menunggu Apple merilis produk terbarunya itu di sini.

Dengan munculnya iPad baru ini, Apple juga langsung memangkas harga resmi iPad 2. Tak tanggung-tanggung di situs Apple harga iPad 2 dipangkas USD100 dari harga sebelumnya. Namun untuk pasar Indonesia ini belum terlalu berefek, karena masuknya masih lama. Kalau pun ada iPad baru masuk, pasti BM dan harganya masih selangit.

Berbarengan dengan acara dikenalkannya iPad baru, Apple juga menyediakan update iOS yaitu iOS 5.1. Menurut penjelasan Apple, iOS terbaru ini memiliki berbagai penyempurnaan antara lain: kemampuan menghapus foto dari Photo Stream, fitur camera, shortcut-nya sekarang selalu tampil di Lock Screen (iPhone 4S, iPhone 4, iPhone 3GS, serta iPod touch generasi keempat), perubahan disain aplikasi kamera untuk iPad, dukungan bahasa Jepang untuk fitur Siri, fitur pendeteksi wajah di kamera, akan menyorot seluruh wajah yang dapat terdeteksi, dan memperbaiki masalah yang timbul berhubungan dengan daya tahan baterai.

Langsung saya coba instal iOS 5.1 ini langsung dari iPad. Inilah enaknya iOS 5 yang gak perlu lagi komputer untuk update. Salah satu fitur iOS 5 memang memutus ketergantungan iPad dengan komputer.

Melihat hal-hal yang baru di iPad baru itu, rasanya saya pribadi belum tertarik untuk mengganti iPad 2 saya dengan yang baru. Untuk resolusi, layar iPad 2 masih cukup memadahi. Jaringan 4G juga belum ada. Sementara untuk prosesor dan lain-lain sepertinya gak terasa beda jauh. Bagaimana dengan anda?

 

 

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *