Sahur Sama #sawityowit

foto: @desta80s

Setiap bulan Ramadan, tentu semua yang akan berpuasa melaksanakan sahur. Jika ditanya apa teman sahur yang paling pas, tentu jawabannya beragam. Mungkin ada yang menjawab makanan tertentu, minuman tertentu, atau acara televisi tertentu. Tetapi jika yang ditanya anak twitter, jawabannya hampis semua sama: teman sahur yang oke adalah #sawityowit.

Hastag #sawityowit sudah beberapa tahun menemani sahur anak twitter. Kehadirannya selalu ditunggu setiap akan memasuki bulan Ramadan. Seperti misalnya beberapa waktu sebelum Ramadan tahun ini tiba, di twitter sudah banyak yang menanyakan apakah tahun ini aka nada lagi #sawityowit, apakah #sawityowit masih ada, menceritakan kesan #sawityowit tahun sebelumnya, dan sebagainya.

Lantas apa sih #sawityowit itu sebenarnya?

#sawityowit adalah hastag untuk permainan plesetan di twitter saat jam sahur di bulan puasa. Sawityowit sendiri merupakan singkatan dari: sahur with your twitter. Namun asalnya dulu sawityowit merupakan singkatan dari: sahur with twitter.. yo wit, seperti yang pernah ditwit oleh salah satu pendirinya, artis dan penyiar Deddy Mahendra Desta (@desta80s):

“FYI: #sawityowit (sahur with twitter..Yo wiit..) adlh permainan tebak2an sblum waktu imsak di bulan puasa sesuai tema yg ditentukan..”

Permainan yang berisi twit-twit lucu ini sudah digelar sejak tahun 2009 lalu. Sawityowit pernah juga jadi permainan di Radio Prambors dan ada hadiahnya. Setiap bulan Ramadan berlalu, permainan ini akan berakhir, dan akan muncul lagi pada bulan puasa berikutnya.

Permainan ini digawangi oleh para artis mantan grup band Club 80’s yaitu Deddy Mahendra Desta (@desta80s), Vincent Ryan Rompies (@vincentrompies), dan Arie Dagienkz (@dagienkz). Mereka ini yang biasanya menentukan tema #sawityowit. Namun kadang kala juga berjalan tanpa tema, seperti di hari pertama puasa tahun ini.

Tahun lalu, tepatnya hari ke enam Ramadan (5 Agustus 2011), permainan ini sempat dihentikan sementara akibat insiden tersinggungnya seorang artis dengan permainan ini. Artis yang tersinggung adalah Marcel Siahaan yang namanya rupanya jadi bahan plesetan oleh beberapa twips yang ikutan #sawityowit.

Melalui akunnya @MarcellSiahaan menyindir permainan tersebut, meski tidak menggunakan mention dan hastag:

“Main plesetan nama saat ini sesungguhnya adalah sudah sangat garing dan basi. :))”

Twit itu kemudian disambut oleh @dagienkz dan @desta80s, yang membuat banyak orang yakin twit @MarcellSiahaan itu yang membuat #sawityowit akan dibubarkan. Ini dia sambutan Arie Dagienkz:

“ Asli! RT @desta80s#sawityowit bubarin aja! RT @MarcellSiahaan: Main plesetan nama saat ini sesungguhnya adl sudah sangat garing & basi.”

Kemudian @dagienkz juga mengumumkan bahwa #sawityowit akan dihentikan dalam batas waktu yang tidak ditentukan:

“Bismillah.. Untuk menjawab semua kebingungan2, keputusan final adalah #sawityowit dihentikan sampai batas waktu yg tidak ditentukan.. Trims”

Akibatnya banyak twips fans #sawityowit marah dan menumpahkan kekesalan pada @MarcellSiahaan. Mereka juga tidak menghiraukan ajakan bubar dan tetap memaninkan permainan teman sahur tersebut.

Akhirnya, setelah sempat tidak memainkan #sawityowit, @desta80s pada hari Minggu 7 Agustus 2011, membuat pengumuman bahwa permainan yang digawanginya kembali dihidupkan.

“So.. Sahur nanti jadi nih kita fun2an main #sawityowit lg? Coba mau liat.. Manaaa semangaaaat nyaaaaa??? ;p”

Permainan ini pun terus berlanjut dan menjadi cirri khas bulan Ramadan, terutama di jagad twitter. Banyak orang tetap menunggu dan memainkan permainan ini. Bahkan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring juga ikutan main:

#sawityowit tempat di kantor yg sering betul dikunjungi para turis asing/wisman ya PANTRY Kuta. ☺”

Kini #sawityowit dan Ramadan, khusnya saat sahur, seperti pasangan yang tidak terpisahkan. Mungkin kalo jaman dulu orang ditanya; sahur sama apa lu? Jawabannya: sahur sama makanan tertentu, kalo anak jaman sekarang ditanya; sahur sama apa lu? Jawabannya: sahur sama #sawityowit :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *